Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia

 
 FAQFAQ   PencarianPencarian   AnggotaAnggota   GroupGroup   PendaftaranPendaftaran 
 ProfilProfil   Login ke Pesan Pribadi AndaLogin ke Pesan Pribadi Anda   LoginLogin 

Software Payroll Indonesia

Aspek PPN atas Jasa yang Dilakukan di Luar Negeri

 
Kirim topik baru   Kirim balasan    Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia -> PPN dan PPnBM
Topik sebelumnya :: Topik selanjutnya  
Pengirim Message
Ronny
Tamu





PostDikirim: Sel Okt 25, 2005 1:05 am    Judul: Aspek PPN atas Jasa yang Dilakukan di Luar Negeri Balas dengan kutipan

Bagaimana jika sebuah perusahaan (?PT?) yang telah PKP lalu mengirim orangnya ke luar negeri untuk memberikan jasa konsultasi kepada perusahaan di luar negeri (salah satu negara di Eropa). Apakah atas imbalan jasa yang dibebankan oleh PT itu perlu dibebankan PPN? Jika tidak, apa yang perlu dilakukan perusahaan itu agar tidak dianggap lalai mengenai PPN? Perlu juga diketahui bahwa PT itu hanya sekali-sekali melakukan melakukan kegiatan di atas, selebihnya jasa dilakukan di Indonesia.
Kembali Ke Atas
Sandy
Tamu





PostDikirim: Sel Okt 25, 2005 1:07 am    Judul: Balas dengan kutipan

UU No.8 tahun 1983 yang terakhir diubah dengan UU No.18 tahun 2000, Pasal 4, antara lain menyatakan bahwa PPN dikenakan atas penyerahan Jasa Kena Pajak (jasa obyek PPN) oleh Pengusaha Kena Pajak (?PKP?) di dalam daerah pabean. Tidak ada pernyataan yang mengatur pengenaan PPN atas penyerahan jasa kena pajak di luar daerah pabean. Karena terdapat dua faktor yang perlu diperhatikan yaitu apakah jasa yang diserahkan obyek PPN dan apakah penyerahan jasa tersebut dilakukan di dalam daerah pabean maka jika salah satu faktor tidak dipenuhi, penyerahan bukan merupakan obyek PPN.
Bapak menjelaskan bahwa orang dari PT tersebut pergi ke luar negeri dan memberikan konsultasi di luar negeri kepada perusahaan di luar negeri (menurut Bapak, di Eropa). Penyerahan jasa konsultasi umumnya obyek PPN. Namun penyerahan jasa konsultasi itu tidak dilakukan di dalam daerah pabean sehingga salah satu faktor untuk timbulnya kewajiban mengenakan PPN atas penyerahan jasa konsultasi itu, tidak tersedia. Dengan demikian atas penyerahan jasa demikian tidak terutang PPN.
Walaupun demikian kiranya perlu diperhatikan bahwa karena perlakuan PPN atas transaksi itu berbeda dari kebanyakan transaksi lain yang dilakukan oleh PT itu, dimana penyerahan jasa dilakukan di Indonesia sehingga atasnya terutang PPN, maka PT tersebut perlu memperhatikan kelengkapan dokumen pendukung secara ekstra dan jelas. Dokumen pendukung juga perlu jelas menyatakan dimana jasa tersebut dilakukan. Dokumen dimaksud misalnya adalah proposal yang disetujui, kontrak, invoice, bukti perjalanan ke luar negeri berupa tiket, dan lain-lain. Dokumen pendukung yang tidak jelas dapat menyebabkan Fiskus berpendapat berbeda berikut segala konsekuensinya.
Kembali Ke Atas
Tampilan pesan sebelumnya:   
Kirim topik baru   Kirim balasan    Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia -> PPN dan PPnBM Zona waktu menurut GMT
Halaman 1 dari 1

 
Navigasi:  
Anda tidak dapat mengirim topik
Anda tidak dapat menjawab topik
Anda tidak dapat mengubah pesan Anda
Anda tidak dapat menghapus pesan Anda
Anda tidak dapat mengikuti polling


Powered by www.pajak.net © 2005-2007