Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia

 
 FAQFAQ   PencarianPencarian   AnggotaAnggota   GroupGroup   PendaftaranPendaftaran 
 ProfilProfil   Login ke Pesan Pribadi AndaLogin ke Pesan Pribadi Anda   LoginLogin 

Jual Beli Mobil Bekas

Pengkreditan PPN Masukan yang Telah Melebihi 3 Bulan

 
Kirim topik baru   Kirim balasan    Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia -> PPN dan PPnBM
Topik sebelumnya :: Topik selanjutnya  
Pengirim Message
Tamu






PostDikirim: Kam Okt 20, 2005 11:04 am    Judul: Pengkreditan PPN Masukan yang Telah Melebihi 3 Bulan Balas dengan kutipan

Hallo,

Bagaimana memanfaatkan PPN Masukan yang belum dikreditkan namun telah lewat dari 3 bulan?
Thanks.
Kembali Ke Atas
Herman
Tamu





PostDikirim: Kam Okt 20, 2005 11:05 am    Judul: Balas dengan kutipan

PPN yang diterima merupakan hak Pengusaha Kena Pajak (“PKP”) yang perlu dikontrol dan dikelola dengan seksama terutama jika jumlah yang terlibat relatif besar. Seringkali bahkan menyangkut arus kas/”cash flow” perusahaan yang cukup berpengaruh.
PPN Masukan dapat hanya dapat dikreditkan oleh PKP jika memenuhi berbagai persyaratan, salah satunya adalah bahwa PPN Masukan tersebut belum melebihi 3 bulan sejak bulan penerbitan Faktur Pajak terkait.
Dalam hal PPN Masukan telah memenuhi syarat-syarat lain namun belum dikreditkan sebagai PPN Masukan dalam batas waktu 3 bulan sejak bulan penerbitannya, PKP memiliki pilihan:
a. mengkreditkannya dengan cara menyusun dan melaporkan SPT Masa PPN pembetulan atas SPT Masa PPN pada masa tiga bulan sejak bulan penerbitan Faktur Pajak, atau
b. memperlakukannya sebagai biaya.
Pilihan di atas dapat dilakukan PKP dengan berbagai pertimbangan internal, misalnya kebutuhan cash flow dan perencanaan PPh Badan. Namun yang pasti alternatif yang dapat dipilih hanya satu, tidak dapat kedua-duanya.

Mengingat potensi kerugian atau beban yang mungkin dapat terjadi jika terdapat kelalaian pengontrolan dan pengelolaan PPN Masukan, umumnya PKP mempertimbankan untuk setidaknya menerapkan sistem pengontrolan PPN Masukan. Dalam hal ini tiap bulan sebelum penghitungan PPN terhutang biasanya PKP memberlakukan pemeriksaan atas seluruh Faktur Pajak yang diterima termasuk validitas, kelengkapan dan batas waktu pengkreditannya. Jika sistem ini dilakukan dengan disiplin maka kejadian di atas mungkin tidak akan terjadi dimasa yang akan datang.
Kembali Ke Atas
Tampilan pesan sebelumnya:   
Kirim topik baru   Kirim balasan    Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia -> PPN dan PPnBM Zona waktu menurut GMT
Halaman 1 dari 1

 
Navigasi:  
Anda tidak dapat mengirim topik
Anda tidak dapat menjawab topik
Anda tidak dapat mengubah pesan Anda
Anda tidak dapat menghapus pesan Anda
Anda tidak dapat mengikuti polling


Powered by www.pajak.net © 2005-2007