Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia

 
 FAQFAQ   PencarianPencarian   AnggotaAnggota   GroupGroup   PendaftaranPendaftaran 
 ProfilProfil   Login ke Pesan Pribadi AndaLogin ke Pesan Pribadi Anda   LoginLogin 

Software Payroll Indonesia

Perhitungan PPh 21 untuk karyawan yang pindah kerja

 
Kirim topik baru   Kirim balasan    Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia -> PPh 21
Topik sebelumnya :: Topik selanjutnya  
Pengirim Message
murasame



Sejak: 05 Jun 2008
Post: 12
Lokasi: jkt-sby

PostDikirim: Rab Feb 18, 2009 6:44 am    Judul: Perhitungan PPh 21 untuk karyawan yang pindah kerja Balas dengan kutipan

Salam,
Bro. Mohon pencerahannya dong. Bingung nih.

Saya karyawan yang pindah kerja di tahun 2008.

Dari Januari 2008 sampai November 2008 saya bekerja di pers.A dengan gaji 3,5jt. Diterima 12 kali (11 gaji bulanan + 1 THR). Semuanya sudah dibayarkan (cm nominalnya lupa. mau itung sendiri jg ga tau rumus).

Desember 2008 saya bekerja di pers.B dengan gaji 5,9jt. Namun pada formulir 1721-A1 yang dikeluarkan pers.B, saya dinyatakan tidak kena pajak karena dari mereka saya hanya menerima 5,9jt sepanjang 2008 Sehingga tidak ada pajak yang mereka bayarkan.

Kira2 dari total kedua pendapatan tersebut (47.9jt total), berapa total pajak terhutang yang seharusnya saya bayar? agar bisa saya kurangkan dengan pajak yang telah dibayarkan oleh pers.A untuk kemudian saya lunasi.

Untuk pers.A, berarti saya harus meminta formulir 1721-A1 untuk lampiran pelaporan pajak yah? Saya baru daftar NPWP dari bulan Juni 2008. Pelaporan SPT tahunan tetep dihitung dari Januari 2008 kan? Kalo dari penafsiran saya sih begitu.

Wassalam,
Murasame
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi Yahoo ID
putu_agus08



Sejak: 22 Nov 2008
Post: 67
Lokasi: dps-jpr-koe

PostDikirim: Jum Feb 20, 2009 1:22 pm    Judul: Re: Perhitungan PPh 21 untuk karyawan yang pindah kerja Balas dengan kutipan

[quote="murasame"]Salam,
Bro. Mohon pencerahannya dong. Bingung nih.

Saya karyawan yang pindah kerja di tahun 2008.

Dari Januari 2008 sampai November 2008 saya bekerja di pers.A dengan gaji 3,5jt. Diterima 12 kali (11 gaji bulanan + 1 THR). Semuanya sudah dibayarkan (cm nominalnya lupa. mau itung sendiri jg ga tau rumus).

Desember 2008 saya bekerja di pers.B dengan gaji 5,9jt. Namun pada formulir 1721-A1 yang dikeluarkan pers.B, saya dinyatakan tidak kena pajak karena dari mereka saya hanya menerima 5,9jt sepanjang 2008 Sehingga tidak ada pajak yang mereka bayarkan.

Kira2 dari total kedua pendapatan tersebut (47.9jt total), berapa total pajak terhutang yang seharusnya saya bayar? agar bisa saya kurangkan dengan pajak yang telah dibayarkan oleh pers.A untuk kemudian saya lunasi.

Untuk pers.A, berarti saya harus meminta formulir 1721-A1 untuk lampiran pelaporan pajak yah? Saya baru daftar NPWP dari bulan Juni 2008. Pelaporan SPT tahunan tetep dihitung dari Januari 2008 kan? Kalo dari penafsiran saya sih begitu.

Wassalam,
Murasame[/quote]


membantu memberi solusi,

saya lihat prsh b tdk memotong pph,mngkin krna disuruh setor sendiri.krna semua pemberi kerja wajib memotong pph 21 pgwai.
jdi u/ hitung pph 21 thn 08...hitung dulu penghasilan netto di prsh a ditambah pengh. netto prsh b.kemudian dikurangkan ptkp..setelah itu dikalikan tarif progresif (pph ps 17)..selanjutnya pph terutang thn 08 dikurangi dng pph yg sdh dipot. prsh b...dptlah pph yg msh hrs dibyr sendiri oleh saudara...

semoga berguna,

salam damai selalu
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi Yahoo ID
lauthd



Sejak: 23 Mar 2009
Post: 5

PostDikirim: Rab Mar 25, 2009 4:11 am    Judul: Balas dengan kutipan

ya.. keterangan dari putu_Agus08 bener soal perhitungan pph 21. tapi yang di perusahaan B emang ga dikenain pajak. soalnya menurut mereka gaji anda masih di bawah PTKP. sehingga tidak ada pemotongan pajak.
jadi pajak yang harus anda setor (seandainya belum disetor) hanya yg dari perusahaan A aja.

Semoga membantu...
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi
tmahadewa



Sejak: 28 Ags 2011
Post: 1
Lokasi: Jakarta

PostDikirim: Min Ags 28, 2011 10:07 am    Judul: Baru masuk kerja Balas dengan kutipan

Para Bro,

ini saya ada ceritanya bahwa saya sudah punya NPWP sejak lama,
karena sulitnya cari pekerjaan yang cocok selama ini,
maka Pelaporan saya selalu NIHIL, tetapi saat ini saya diterima di company yg saya mau.
Apakah perubahan status kerja tersebut harus dilaporkan ke KPP setempat terlebih dahulu atau langsung saja dengan penyetoran pajak bulan berjalan dari pendapatan saya?
Mohon pencerahannya.


regards,
A.J.
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi Kirim email Yahoo ID MSN Messenger
Tampilan pesan sebelumnya:   
Kirim topik baru   Kirim balasan    Indeks Forum Forum Diskusi Accounting & Pajak Indonesia -> PPh 21 Zona waktu menurut GMT
Halaman 1 dari 1

 
Navigasi:  
Anda tidak dapat mengirim topik
Anda tidak dapat menjawab topik
Anda tidak dapat mengubah pesan Anda
Anda tidak dapat menghapus pesan Anda
Anda tidak dapat mengikuti polling


Powered by www.pajak.net © 2005-2007